Senin, 21 Mei 2012

Bikin Shogun 125 Ngacir

Jika kalian mengetik keyword “shogun” pada kolom google, maka hal

terindah yang muncul adalah definisi tentangnya … Bahasa jepang

Shogun bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia memiliki arti

“komandan perang”. Filosofi ini mencerminkan semangat Michio Suzuki

dalam menciptakan sebuah kendaraan yang dilahirkan untuk memimpin.

Sejak pertama munculnya Shogun 110cc, meski dikenal dengan julukan

Shogun “Kebo” (lebih karena kontur bodinya yang menggembung) namun

larinya melebihi kancil.  Hehehe…

Flashback ke tahun 97an, shogun kebo menjadi primadona balap,

melebihi Honda grand, supra, atau yamaha crypton… Terkenal unggul

karena dimensi pistonnya paling gede, dan payung klep paling gede

pula, disokong cdi Shindengen yang masih dicari-cari hingga saat

ini, putaran atas shogun memang menggila. Hingga kini suzuki kukuh

mengembangkan performa motornya dalam balutan konsep suzuki shogun

125.
Memiliki bakat kencang, sehingga modifikasi mesin shogun 125 bisa

dimulai dari langkah yang tidak terlalu ekstreme. Basic mesin

dibekali stroke 55 milimeter, dan lingkar piston 53,5 milimeter,

asupan bahan bakar yang mampu ditampung silinder sebanyak 124cc

merupakan sumber besaran tenaga Shogun mampu menjerit 9.6 ps @

8,000 RPM. Bila kondisi mesin sehat maka tak sulit rasanya

meningkatkan tenaganya mendekati angka 15 horsepower dengan sedikit

colekan saja.

Ganti Piston

Shogun 125 memiliki diagonal baut tanam mesin Langkah pertama

adalah, melengserkan piston standard dengan milik suzuki thunder

125, dengan dimensi 57 milimeter , kapasitas mesin dapat didongkrak

menjadi 140cc. Semakin banyak modal yang dihisap, semakin banyak

yang dipompakan ke ruang bakar, bum!! Hasil ledakan makin dahsyat =

Tenaga makin besar.

Bukannya latah dan tanpa pertimbangan, mengapa berani bore up,

karena diameter baut tanam shogun 125 cukup besar berarti sanggup

menerima torsi pengencangan lebih kuat maka tidak diragukan mesin

ini mampu menerima kompresi yang relatif besar. Kedua, ketebalan

daging liner dari suzuki shogun 125 masih aman jika menerima piston

thunder. Bahkan karena lubang tengah crankcase masih memiliki

potensi untuk dibesarkan lagi hingga ke ukuran piston sonic 0.s

3.00 yang mendekati dimensi piston Honda Tiger. Hmmm…

Modifikasi Piston, Kubah ruang bakar

Setelah ganti piston harus modif ulang squish ? Oh, belum tentu…

sabar dulu. Pabrikan suzuki mempunyai idealisme berbeda dibanding

yamaha. Desain kubah ruang bakar hemi, atau menyerupai mangkok,

biasanya memang agak lemah di putaran bawah. Oleh karenanya dengan

meningkatkan kompresi , diharapkan mampu membantu akselerasi namun

tanpa mengorbankan putaran atas juga.
Ruang bakar dalam kondisi standar setidaknya masih mudah untuk

dihitung, volume V2 didapat 14,4cc. Dengan mendesain piston

berkiblat pada bawaan pabrik maka kompresi sudah berada di angka

10.7 : 1, masih aman minum premium, atau bila piston thunder tadi

didesain ulang menyerupai dome Suzuki smash, maka kompresi yang

lebih tinggi bisa didapat tanpa harus melakukan pemapasan kepala

silinder.

Porting , Noken As dan Klep

Porting pasti menyesuaikan, tidak terbantahkan, revisi porting

untuk meningkatkan efisiensi asupan bahan-bakar ke dalam silinder

harus dilakukan. Bowl area, atau area disamping kiri-kanan bushing

klep adalah fokus utama.

Noken as cukup ditambah lift +- 0.8 milimeter, dengan lifter yang

tidak terlalu tinggi berarti pir klep standard masih bisa

digunakan, pun pula tidak mudah floating. Demi amannya agar klep

tidak bertabrakan dengan piston, maka coakan relief diperdalam dua

kali lipat, atau  +- 1.5 milimeter.

Untuk newbie / pemula, mempertahankan katup standard dirasa cukup

dengan dimensinya 25 milimeter untuk inlet, dan 22 milimeter

outlet, masih lebih baik daripada mio yang lebih sering di bore up

155 cc tapi klep masih standard… Entah ngirit mode : on, atau lagi

bokek hehehe… :) Kabar gembira lainnya adalah, seandainya besok di

kemudian hari ada rejeki bisa ganti motor suzuki hayabusha, kan ga

susah-susah amat ngebalikin standardnya.

Bagi para pro, maniac mesin kencang, katup standard bisa

dimodifikasi back cut, atau diganti dengan katup racing dari TK

japan. Anti tanggung bisa juga head dimodifikasi untuk pemasangan

katup honda sonic, namun yang ini memerlukan biaya tidak sedikit

dan waktu ekstra sabar.

Finishing

Penutup acara modifikasi mesin adalah dengan hadirnya bintang tamu,

CDI Powermax rancangan Tommy Huang dari Bintang Racing Team,

Indonesia pastinya. Melengserkan cdi standard untuk memperkuat

output pengapian dan menstabilkan arus. Disamping itu CDI BRT

memiliki limitasi RPM yang lebih tinggi, sebenarnya sih butuhnya

cukup 1,000 – 2,000 rpm lebih tinggi aja dari standardnya. Toh,

bukan buat balap…

Pengaturan leher knalpot dan penataan ulang silinser di cak Sahek

knalpot menjadi salah satu kuncian. Suara tetap halus, namun laju

menggemaskan. Membuat rival-rival di jalan gemas jika tidak bisa

mengejar motor halus tapi kencang hehehe… tapi seandainya mau

melengserkan knalpot standard dengan full system costumize, maka

tenaga lebih besar adalah harga yang pantas untuk dibayar.

Jeting karburator disesuaikan ulang, ingin open air filter yang

memaksimalkan pasokan udara , atau tetap memakai sistem close loop

seperti standard bawaan motor, umumnya pilot jet dan main jet tidak

terlampau jauh dari standard , pj 22.5 , mj 105.  Bila pasokan

ingin maksimal bisa mengandalkan karburator pe 28 milimeter,

disokong intake koso, maka tenaga mesin diputaran atas makin

menggila.

Unbeatable Shogun 110!

 
 
Kenapa disebut unbeatable?
 
Hhehe.. Bukan lantaran motor ane shogun 110 trus ane nulis gtu.. tapi emang banyak orang-orang yang bilang kalo shogun 110 adalah produk suzuki yang paling laris manis di rasaran maupun diarena balap.. dan sampe sekarang pun Shogun 110 masih banyak yang berkeliaran mempecundangi motor-motor baru dikelasnya..

berikut beberapa alasan kenapa shogun 110 disebut unbeatable..
 
Pertama
Shogun punye per klep doble gan di setiap klepnya, hal ini memberikan reaksi buka tutup klep yang bagus sehingga kuat di RPM tinggi.

         Nah, bagi agan yang pengen punya per klep bagus hendaknya cari : Buat honda-per sonic OK tuh, atau per "toyota camry" atau per-per yang lain yang sekiranya punya track record yang bagus, ga tau deh kalau yang aftermarket kayak merek CLD dan semacamnya.

Ke Dua
Shogun Kebo memakai noken as berdurasi tinggi, dan yang ane liat durasi untuk tongolan exhaust-nya lebih besar dibanding intake-nya.

                profil seperti ini didukung dengan lubang exhaust yang "pipih" di silinder head dan knalpot bawaan tipe "cyclone" bukan "free flow" pastinya

Ke Tiga
Shogun punya karburator yang terbilang "Oke" dengan nilai kpresisian main dan pilot jet yang cukup tinggi. dan dibandingkan karburator yang banyak di pakai di motor baru yang "tipe vakum" punya shogun jauh lebih baik.
yang pake Motor karburator "tipe vakum" hendaknya diganti dengan "tipe konvensional" untuk pembakaran yang lebih bagus dan mengakomodasi hasrat speed lover

Ke empat
 
shogun 110 memiliki profil stroke 48.8mm seperti satria FU, profil seperti ini adalah tipe mesin yang mengandalkan RPM atas atau power baru keluar di zona high end RPM, profil sperti ini bisa dimaksimalkan sampai batas 14.000-an RPMga
 
Ke lima
Konon shogun kebo punye piston n klep yang terbuat dari material yang ringan tapi kuat (banyak diincar mekanik balap)

Ke enam
Konon Shogun kebo memiliki plat kopling yang bagus (pantesan mahal per satuan plat) dan per kopling yang responsif. Nah, bagi agan yang speed lover cukup mengganti per koplingnya aja kalau pengen kenceng mengingat susahnya mencari plat kopling yang handal tapi presisi
oya, jangan lupa "porting polish" ini bagus untuk membuat fluida lebih lancar masukin
motor ane udah tua gan, kompresinya udah turun, jadi untuk mengembalikan tenaga
Semoga bermanfaat

TM smoothbore flat slide carburetors

TM smoothbore flat slide carburetors

24mmMIKUNITMFlat Slide smoothbore carburetor 13-5041
Supplied jetting: Main 130, Pilot 15, Needle 5n13, Needle Jet 454 Q0dimensions
$119.95



28mmMIKUNITMFlat Slide smoothbore carburetor 13-5047
Supplied jetting: Main 180, Pilot 15, Needle 5DP39, Needle Jet 175 P8dimensions
$119.95



32mmMIKUNITMFlat Slide smoothbore carburetor 13-5042
Supplied jetting: Main 250, Pilot 45, Needle 5FP17, Needle Jet 389 Q2dimensions
$149.95



33mmMIKUNITMFlat Slide smoothborePumpercarburetor 13-5040
with accelerator pump for 4-stroke use
Supplied jetting: Main 127.5, Pilot 37.5, Needle 5FP96, Needle Jet 640 P8dimensions
$269.95



34mmMIKUNITMFlat Slide smoothbore carburetor 13-5046
Supplied jetting: Main 280, Pilot 50, Needle 5FP17, Needle Jet 389 Q2dimensions
$149.95



36mmMIKUNITM Flat Slide smoothbore carburetor 13-5048
Supplied jetting: Main 280, Pilot 50, Needle 6FJ40, Needle Jet 389 Q6dimensions
$149.95



36mmMIKUNITMFlat Slide smoothborePumpercarburetor 13-5070
with accelerator pump for 4-stroke use
Supplied jetting: Main 130, Pilot 12.5, Needle 9DZH6-50, Needle Jet 568 P8
dimensions
$299.95



38mmMIKUNITM Flat Slide smoothbore carburetor 13-5043
Supplied jetting: Main 230, Pilot 25, Needle 6FJ40, Needle Jet 389 Q2dimensions
$159.95



40mmMIKUNITMFlat Slide smoothborePumpercarburetor 13-5071
with accelerator pump for 4-stroke use
Supplied jetting: Main 165, Pilot 17.5, Needle 9DJY04-96, Needle Jet 568 Y6
dimensions
$289.95

VM round slide carburetors

VM round slide carburetors


16mmMIKUNIVM Round slide VM16-519 carburetor
Supplied jetting: Main 70 , Pilot 25 , Needle 3DJ3, Needle Jet 168 D-8dimensions
$99.95

18mmMIKUNIVM Round slideVM18-144 carburetor
Supplied jetting: Main 80 , Pilot 30 , Needle 4F18, Needle Jet 145 O-0dimensions
$69.95

20mmMIKUNIVM Round slide VM20-273 carburetor (2 bolt flange mount)
Supplied jetting: Main 180 , Pilot 22.5 , Needle 4J13, Needle Jet 239 O-6dimensions
$69.95

22mmMIKUNIVM Round slide VM22-133 carburetor (2 bolt flange mount)
Supplied jetting: Main 100 , Pilot 30 , Needle 4D20, Needle Jet 257 N-8dimensions
$77.95

26mmMIKUNIVM Round slide VM26-8074 carburetor
Supplied jetting: Main 190, Pilot 60, Needle 5F3, Needle Jet 182 N-8dimensions
$83.95

26mmMIKUNIVM Round slide VM26-606 carburetor
Side choke knob carb. Set up for mini 4-stroke motors
Supplied jetting: Main 190, Pilot 22.5, Needle 5E75, Needle Jet 332 O-0dimensions
$99.95

32mmMIKUNIVM Round slide VM32-33 carburetor 13-5003
Supplied jetting: Main 200, Pilot 35, Needle 6DP17, Needle Jet 159 Q-6dimensions
$96.95

34mmMIKUNIVM Round slide VM34-168 carburetor
Supplied jetting: Main 260, Pilot 35, Needle 6DH4, Needle Jet 159 Q-2dimensions
$99.95

36mmMIKUNIVM Round slide VM36-4 carburetor
Supplied jetting: Main 310, Pilot 35, Needle 6FJ6, Needle Jet 159 Q-5dimensions
$109.95

38mmMIKUNIVM Round slide VM 38-9 carburetor
Supplied jetting: Main 330, Pilot 30, Needle 6DP1, Needle Jet 166 Q-2dimensions
$129.95

44mmMIKUNIVM Round slide VM44-3 carburetor
Supplied jetting: Main 310, Pilot 35, Needle 7F7, Needle Jet 224 AA-5dimensions13-5008
$149.95